Mitra Desa dari Sektor Pariwisata dan Pertanian

Lahirnya desa mitra pariwisata dan pertanian dari Divisi Sosmas di Kecamatan Sidoharjo dan Kecamatan Selogiri.

oleh: Rennyta Puspitasari

Minggu (02/01/2022) – Sebuah agenda dari pengurus Imapres di tahun sebelumnya yang diamanahkan kepada Divisi Sosial Masyarakat, melahirkan dua desa mitra dari sektor pariwisata dan pertanian. Desa mitra ini yaitu di berada Kecamatan Sidoharjo dan Kecamatan Selogiri.

Desa Mojoreno, Kecamatan Sidoharjo yang merupakan Desa Mitra Pariwisata dengan wisata yang berbasis budaya pelestarian seni badut tradisional. Sebelumnya Imapres Wonogiri telah beberapa kali melakukan survei dan kegiatan diskusi bersama. Pada bulan November 2021, Imapres mendapatkan kesempatan dari kelompok pelestarian seni badut Desa Mojoreno untuk ikut dalam kegiatan pemajuan kebudayaan desa melalui sarasehan pelestarian seni badut tradisional dan kegiatan wisata ke Kabupaten Karanganyar. Melihat potensi yang cukup besar ini, Desa Mojoreno kembali terpilih sebagai Desa Mitra oleh Kelompok Pengembangan Kecamatan Imapres Sidoharjo 2 di tahun 2022 ini.

Desa Mitra selanjutnya berasal dari Kecamatan Selogiri, lebih tepatnya di Desa Jaten dari sektor Pertanian. Di tahun 2021 telah dilaksanakan beberapa kali survei dan analisis di desa ini dan menghasilkan keputusan bahwa pada tahun 2022 Desa Jaten terpaksa tidak dilanjutkan sebagai Desa Mitra. Hal ini dikarenakan kurangnya jumlah personil di desa ini dan kapasitas anggota dalam pengembangan program kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *