Menuju JHT: Jatiroto Teach and Health

          Kelompok Pengembangan (Kelbang) Jatiroto telah memulai kontribusi untuk membantu masyarakat dan membangun Wonogiri. Pada bulan Januari ini, Kelbang Jatiroto mendapatkan apresiasi sebagai “Best Kelbang Januari”. Apresiasi tersebut didapatkan setelah sukses menjalankan program kerja unggulan, yaitu JTeach. Sebelum melaksanakan proker tersebut, Kelbang Jatiro mengunjungi Desa Dawungan untuk meminta izin melaksanakan program kerjanya.

JTeach merupakan salah satu program kerja unggulan Kelbang Jatiroto yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang ada di Kecamatan Jatiroto terkhusus di Desa Dawungan. Program kerja JTeach ini dimulai pada bulan Januari yang dilaksanakan setiap minggu sebanyak dua kali, yaitu pada hari Selasa dan Sabtu di SD N 2 Dawungan. Program kerja ini mengajarkan siswa beberapa hal, diantaranya pengenalan IT secara mendalam untuk siswa kelas 4 sampai kelas 6, pemberian materi bahasa Inggris untuk siswa kelas 1 sampai kelas 6, dan diberikan materi tambahan yang mencakup Jhealth. Jhealth dilaksanakan melalui kegiatan senam sehat dan tambahan materi mengenai perbaikan gizi, pengenalan dan pencegahan penyakit TBC, serta diadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah yang dilakukan secara rutin dan berulang pada hari Sabtu. 

         Program kerja Jteach, pada Januari ini telah berjalan sebanyak enam kali, yaitu pada tanggal 9 Januari, 13 Januari, 16 Januari, 20 Januari, 23 Januari, dan 27 Januari 2024. Jumlah anggota Kelbang Jatiroto yang terlibat dalam kegiatan tersebut sekitar 4 sampai dengan 12 orang di setiap minggunya. Adapun kendala dalam menjalankan Jteach, yaitu kurangnya fasilitas laptop. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan membagi siswa menjadi sejumlah kelompok kecil sehingga laptop yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Selain itu, kejenuhan yang dirasakan siswa ketika penyampaian materi juga merupakan kendala yang menyebabkan kefokusan siswa berkurang. Meskipun demikian, kegiatan yang telah dilakukan ini benar memberikan manfaat bagi siswa-siswa. Di samping itu, walaupun keterbatasan anggota dan fasilitas, kelompok Kelbang Jatiroto telah memberikan usaha terbaiknya untuk mengedukasi masyarakat terutama anak-anak melalui program kerja unggulannya, yaitu JTeach dan JHealth. Sementara itu, kegiatan kontribusi dalam membangun Wonogiri belum semuanya dilaksanakan, Kelbang Jatiroto juga mempersiapkan kegiatan-kegiatan lain yang mengedukasi.

Penulis : Nabila Mona Maharani, Hesty Nur Fadillah, Ludfiyah Nuzully

Editor : Decika Syahda Maharani

IMAPRES Wonogiri – Berprestasi Berkontribusi untuk Wonogiri 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *