Ceremony Penyerahan Penghargaan Pemuda Berprestasi bagi Pemuda Wonogiri Tahun 2023

Bagi masyarakat Wonogiri, istilah Imapres Wonogiri pastinya sudah tak asing lagi. Yap, Imapres Wonogiri adalah organisasi yang beranggotakan para penerima Penghargaan bagi Pemuda Berprestasi Wonogiri. Tahun ini, ceremony penerimaannya dilaksanakan pada Rabu, 27 Desember 2023.

Penghargaan Pemuda Berprestasi Wonogiri tersebut telah terlaksana sejak 2016, dengan total anggaran sebesar 45 miliar rupiah dan sebanyak 3.576 total penerima. Pada tahun 2023, terdapat 2.044 orang pendaftar Simapres. Sebanyak 1.226 peserta tidak lulus dan 818 peserta lulus, dengan rincian 393 peserta baru dan 425 peserta lanjutan.

Program ini merupakan satu-satunya program di Indonesia yang menerapkan penta-helix system, di mana berbagai unsur masyarakat dikolaborasikan untuk mencapai satu tujuan, yaitu untuk memajukan Kabupaten Wonogiri, layaknya slogan GO-Nyawiji, Sesarengan mBangun Wonogiri. Lewat program ini, Kabupaten Wonogiri mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 sebagai Juara 1 Kabupaten Terinovatif dan Juara 1 Pemerintah Daerah Indeks Inovasi Daerah Tertinggi Regional II.

Bupati Wonogiri, Bapak Joko Sutopo beserta jajarannya turut hadir dalam acara ini dan menyerahkan secara simbolis penghargaan tersebut kepada beberapa perwakilan yang telah ditunjuk, di antaranya adalah kepada Amelia Kartikasari dari Giriwoyo S-1 Teknik Geodesi dan Geomatika ITB penerima baru, Syaila Fania Puspa Hatmoko Wonogiri D-4 Perbankan UGM penerima baru, Sri Hidayati Ngadirojo D-3 Administrasi Pajak UNDIP penerima baru, Reyhan Zhafar Pradipta Selogiri S-1 Teknik Lingkungan UIN Walisongo Semarang penerima baru, Welas Sri Mulyati Baturetno S-2 Ilmu Nutrisi dan Pakan IPB penerima baru, Anisya Salsabila Ainun Nur Azizah Wonogiri S-1 Psikologi UNS penerima lanjutan, Dini Nur Damayanti penyandang disabilitas tuna daksa Eromoko S-1 Pendidikan Luar Biasa UNY Penerima Baru. Adapun testimoni penerimaan penghargaan disampaikan oleh Ludfiyah Nuzully Giriwoyo S-1 Pendidikan Akuntansi UNS beserta Bapak Umar dan Ibu Surati (orang tua Ludfiyah) dan penerima penyandang disabilitas tuna wicara Renata Amortamanza Eromoko S1 Ilmu Komunikasi UNS beserta Ibu Lilis Andriyani (orang tua Renata). Rangkaian acara ini turut dimeriahkan dengan penampilan musik dan musikalisasi puisi oleh para penerima penghargaan. Selain itu, sesi diskusi seputar politik juga dibuka dengan Bapak Joko Sutopo sebagai pembicara. Terdapat sebanyak 6 penanya, dengan rincian 2 dari penerima dan 4 dari orang tua wali.

Ceremony Penyerahan Penghargaan Pemuda Berprestasi Wonogiri tahun 2023 ini ditutup setelah Sesi Bincang Politik bersama Bapak Joko Sutopo. Penghargaan ini tentu saja diharapkan untuk dapat membantu perkembangan seluruh masyarakat, khususnya para Pemuda Berprestasi Wonogiri.

Imapres Wonogiri: Berprestasi, Berkontribusi, untuk Wonogiri!

Penulis : Isnadiah Youwanda Wardani

Editor : –

IMAPRES Wonogiri – Berprestasi Berkontribusi untuk Wonogiri 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *