Imapres Mitra Prakerin, Kolaborasi antara Siswa Prakerin dengan DPMPTSP dan Mahasiswa Prestasi

Sebagai bentuk langkah percepatan target Presiden Republik Indonesia dengan pembaruan sistem Online Single Submission atau OSS RBA khususnya untuk usaha mikro dan kecil menengah, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Wonogiri melaksanakan kegiatan Program Prakerin Mitra Desa yang bekerjasama dengan SMK N 1 Wonogiri.   

Dalam rangka mewujudkan visi Bupati Wonogiri yakni, “Mewujudkan Wonogiri Yang Maju, Mandiri, dan Sejahtera”, diperlukan sebuah kontribusi konkret dari Mahasiswa Berprestasi dalam membantu koordinasi antara siswa Prakerin yang ditempatkan di masing-masing desa/kelurahan dengan perangkat desa dan karang taruna. Khususnya dalam kegiatan pendataan usaha, menginput ke OSS dan link perbankan yang secara teknis akan dilaksanakan oleh siswa prakerin. Program ini merupakan program mitra desa “Kolaborasi antara Siswa Prakerin dengan DPMPTSP dan Mahasiswa Berprestasi”. 

Kegiatan kerjasama praktik kerja industri SMK N 1 Wonogiri ini juga bekerja sama dengan DPMPTSP terkait pengelolaan izin usaha berbasis Online Single Submission (OSS). Di tahun sebelumnya, kerjasama hanya dilakukan oleh pihak Imapres dan pemerintah desa. Namun, di tahun ini bertambah dengan pelajar dari SMK N 1 Wonogiri sebagai  mitra dari Imapres dan juga dari DPMPTSP Kabupaten Wonogiri.

Sebanyak 35 anggota Imapres ditugaskan menjadi pendamping prakerin mitra desa dan diutamakan sesuai dengan kecamatan domisili dan memiliki pengalaman sebagai mitra DPMPTSP Kabupaten Wonogiri. Peran Imapres disini ialah sebagai pengarah atau mentoring siswa prakerin, memantau progress, dan memonitoring, serta membantu warga di masing-masing desa/kelurahan domisilinya. 

Peran yang dilakukan ialah mempercepat para pelaku usaha mikro kecil menengah agar mendapatkan legalitas izin usaha berbasis online melalui OSS. Kegiatan ini dilaksanakan di masing-masing daerah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini diikuti sebanyak 57 desa dari 13 kecamatan. Berikut ialah data beberapa kecamatan di Kabupaten Wonogiri yang  ikut terlibat dalam kegiatan Imapres Prakerin beserta dengan jumlah koordinator pendampingnya, yakni:

  1. Wonogiri = 5 orang
  2. Girimarto = 4 orang
  3. Ngadirojo = 4 orang 
  4. Selogiri = 4 orang
  5. Sidoharjo = 4 orang
  6. Jatiroto = 2 orang
  7. Jatisrono = 2 orang
  8. Manyaran = 2 orang 
  9. Nguntoronadi = 2 orang
  10. Purwantoro = 2 orang
  11. Baturetno = 1 orang
  12. Eromoko = 1 orang
  13. Slogohimo = 1 orang
  14. Wuryantoro = 1 orang

Beberapa bentuk program yang dilaksanakan dalam Imapres Prakerin ini ialah dengan pendataan usaha dan Kolaborasi Siswa Prakerin dengan perangkat desa dari utamanya Karang Taruna serta Mapres, perizinan usaha NIB untuk usaha skala mikro, link perbankan, pemberdayaan usaha mikro dan kecil, serta kelompok sasaran seperti memfasilitasi usaha mikro dan kecil di setiap desa utamanya pengusaha yang belum ramah teknologi. Kedua, siswa SMK N 1 Wonogiri dan Karang Taruna  menginstal aplikasi OSS Indonesia untuk mendapatkan NIB secara cepat.

Harapannya, dengan adanya program ini dapat memberikan dampak positif  bagi pelaku UMKM dengan memperkuat kapasitas ekonomi rakyat dan membuka lapangan kerja baru untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Wonogiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *