Pemberdayaan Benih Ikan di BBI Sidoharjo #2

Rabu (24/03/2021) – Setelah survey lokasi ke BBI Sidoharjo pada bulan sebelumnya, Imapres Wonogiri kemudian belajar bagaimana membudidayakan dan memberdayakan benih ikan untuk dikembangkan lebih lanjut. Jenis ikan yang akan dibudidayakan antara lain ikan lele, nila, dan ikan-ikan lainnya yang dibudidayakan di BBI Sidoharjo.

 

Kegiatan ini dipandu secara langsung oleh pihak BBI. Kegiatan yang berlangsung ialah praktik secara langsung dalam pemberdayaan dan budidaya ikan. Imapres juga diberikan saran oleh pengelola untuk mengunjungi salah satu kelompok UMKM yang berfokus pada pengolahan ikan sebagai produk makanan di Desa Kebonagung, Sidoharjo, yaitu Rumah Sitole.

 

Di tempat tersebut dilakukan pengembangan lebih lanjut terkait pengolahan bahan dasar ikan seperti bakso, makanan kemasan, kripik, sosis, dan sebagainya. Di rumah produksi tersebut ada beberapa ragam makanan dan kami juga diperlihatkan produk-produk dari Rumah Sitole yang ternyata sudah sangat laku dan terkenal. Namun, pada masa pandemi memang penjualan dari produk Rumah Sitole mengalami penurunan. Sehingga diadakan diskusi antara pihak Imapres dan Rumah Sitole agar produksi UMKM tersebut dapat tetap stabil di masa pandemi serta langkah atau upaya apa saja yg dapat dilakukan untuk para pelaku UMKM. 

Rumah Sitole atau RJM Production berlokasi di Desa Kebonagung RT003 RW001, Sidoharjo, Wonogiri. Rumah Sitole menyediakan berbagai aneka olahan produk dari hasil perikanan. Seperti nugget ikan, kaki naga ikan, bakso ikan, tahu bakso ikan, kerupuk ikan, lele bumbu siap goreng, stik ikan, keripik sirip, kulit ikan, abon ikan, dan sebagainya. Selain itu, Imapres juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat produksi, mengamati alat-alat dan berbagai sarana penunjangnya serta diajak berkeliling di lokasi produksinya sembari pihak Rumah Sitole memberikan informasi edukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *