Strategi Kelompok Pengembangan Pracimantoro Untuk Meningkatkan Semangat Pendidikan Melalui Kegiatan Sosialisasi Perguruan Tinggi dan Profil Desa

          Kelompok Pengembangan (kelbang) Pracimantoro membuat suatu gebrakan inovasi melalui kegiatan kolaboratif yang menjadikan mereka sebagai salah satu kelompok pengembangan dengan predikat terbaik di bulan April. Program kerja yang dilaksanakan adalah Profil Desa dan Sosialisasi Perguruan Tinggi sebagai wujud kontribusi yang dilakukan oleh Kelbang Pracimantoro dalam membangun Kabupaten Wonogiri. Program kerja berkelanjutan sesuai tujuan SDGs pilar ke-4 mengenai pendidikan berkualitas (quality education) dan pilar ke-17 mengenai kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan (partnerships to achieve the goal) menjadi bekal kelompok pengembangan Pracimantoro dalam menjalankan kegiatan kontributif untuk Kabupaten Wonogiri sebagaimana jargon Imapres Wonogiri yakni “Mapres Wonogiri: Berprestasi, Berkontribusi Untuk Wonogiri.”

          Sosialisasi masuk perguruan tinggi ini merupakan program unggulan Kelbang Pracimantoro yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai tips dan trik untuk masuk ke perguruan tinggi. Sosialisasi Perguruan Tinggi dilaksanakan pada 19 Februari 2024. Program kerja tersebut ditujukan kepada siswa SMA dan SMK di Kecamatan Pracimantoro. Sosialisasi perguruan tinggi ini dihadiri oleh Kepala Desa Joho selaku tuan rumah dan Camat Pracimantoro. Daerah dengan persentase SDM yang masih minim dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menjadi latar belakang terwujudnya kegiatan Sosialisasi Perguruan Tinggi ini.

          Desa Joho selaku tuan rumah dan desa mitra kegiatan tersebut menjadi tempat pelaksanaan kegiatan sosialisasi, tepatnya di Balai Desa Joho. Pemilihan Desa Joho sebagai tempat pelaksanaan kegiatan didasarkan oleh kondisi geografis yang jauh dari pusat kecamatan. Hal tersebut mendorong kelbang Pracimantoro untuk membuat gagasan mengenai profil desa yang mengenalkan Desa Joho dengan segala keunikan budaya dan sosial masyarakatnya. Oleh karena itu, terbentuklah program kerja Profil Desa di samping program kerja Sosialisasi Perguruan Tinggi. Bak peribahasa sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, selain melakukan sosialisasi, kelbang Pracimantoro juga berpartisipasi aktif dalam memperkenalkan desa mitranya tersebut.

          Eka Sulistyo selaku koordinator mengatakan bahwasanya proker sosialisasi tersebut membahas terkait tata cara masuk perguruan tinggi, jenis-jenis beasiswa yang dapat diperoleh mahasiswa, serta membahas beasiswa Imapres. Salah satu anggota kelbang Pracimantoro menambahkan bahwa informasi terkait perguruan tinggi masih asing didengar oleh siswa-siswi di kecamatan tersebut. Hadirnya program kerja kelbang Pracimantoro dirasa sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pendidikan tinggi. Program kerja ini merupakan program lanjutan yang pada tahun sebelumnya pernah dilaksanakan oleh Kelbang Pracimantoro. Adapun ketercapaian program ini berada di angka 90% dengan antusiasme dan efektivitas yang meningkat dari tahun sebelumnya. 

          Pelaksanaan sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan efektif karena adanya kerja sama antara pihak anggota Kelbang Pracimantoro dengan camat dan perangkat desa. Anggota kelbang kompak untuk menyukseskan program kerja tersebut, yaitu dengan melakukan rapat rutin. Pembagian kerja antaranggota juga dilaksanakan secara rata, anggota kelbang yang tidak bisa hadir, akan melakukan pekerjaan seperti pembuatan materi, editor, dan lain sebagainya. Selain itu, adapun kendala yang dihadapi dalam perencanaan sosialisasi ini, yakni adanya ketidaksesuaian antara jadwal yang telah direncanakan oleh Kelbang Pracimatoro dengan pihak-pihak yang diajak bekerja sama. Namun, hal tersebut dapat teratasi dengan koordinasi yang baik. 

          Harapannya program kerja yang berdampak baik bagi masyarakat Pracimantoro bisa dilaksanakan lagi kedepannya dan apabila ada kekurangan dalam kegiatan dapat menjadi evaluasi bagi kelompok pengembangan untuk program kerja selanjutnya. Selain itu, proker-proker yang belum terlaksana pada bulan-bulan sebelumnya (misal proker UMKM) bisa terlaksana pada bulan kedepannya dan bermanfaat bagi masyarakat Pracimantoro.

 

Penulis: Dewi Halimah Permatasari, Dina Ferliana

Editor: Decika Syahda Maharani

IMAPRES Wonogiri – Berprestasi Berkontribusi untuk Wonogiri 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *