IMAPRES GOES TO SCHOOL (Sosialisasi PHBS di SDN 1 Jeporo)

Dokumentasi Sosialisasi PHBS di SDN 1 Jeporo

          Salah satu cara untuk meningkatkan kehidupan yang sehat dan sejahtera adalah dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan sosial. Salah satu kegiatan sosial yang dapat dilaksanakan adalah sosialisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan sosialisasi yang komprehensif mampu mengubah sikap menjadi lebih positif dan menumbuhkan rasa peduli tersebut. Hal itulah yang menjadi salah satu fokus Ikatan Mahasiswa Berprestasi (Imapres) Wonogiri Kelompok Pengembangan Jatipurno, yang baru-baru ini melaksanakan kegiatan sosialisasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Jeporo pada 16 Februari 2024 lalu.

Sebanyak 73 siswa yang merupakan gabungan siswa kelas 2 dan kelas 3 turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tak hanya itu, 8 orang panitia dengan penuh dedikasi telah mengkoordinir kegiatan ini agar dapat berjalan lancar.

          Rangkaian kegiatan yang bertajuk “Imapres Goes to School: Sosialisasi PHBS di SDN 1 Jatipurno” ini bertujuan untuk membentuk kesadaran akan pentingnya hidup sehat terutama di kalangan pelajar. Melalui kegiatan ini, para anggota Kelbang Jatipurno memberikan edukasi mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yang meliputi cara mencuci tangan yang benar, pemilihan makanan sehat dan seimbang, serta kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih keaktifan anak-anak dalam bersosialisasi dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

          Pembentukan kebiasaan hidup bersih dan sehat sejak dini ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, baik dari untuk diri sendiri maupun bagi lingkungan sekitar. Siswa-siswa juga diharapkan untuk dapat menjadi generasi yang lebih tanggap terhadap isu-isu kesehatan dan lingkungan di masa depan. Kegiatan “Imapres Goes to School” ini menjadi bagian dari upaya kontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-3, yaitu mencapai hidup sehat dan kesejahteraan bagi semua orang. Dengan demikian, sosialisasi PHBS di SDN 1 Jeporo bukan hanya sekadar kegiatan biasa, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam mewujudkan visi untuk masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera. 

          Kegiatan sosialisasi serupa diharapkan dapat terus membentuk kesadaran akan pentingnya hidup sehat di kalangan generasi muda, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

 

Penulis: Yulisa Putri Nabila, Vina Rosalina

Editor: Isnadiah Youwanda Wardani

IMAPRES Wonogiri – Berprestasi Berkontribusi untuk Wonogiri 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *