Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) 2022

Oleh : Millenia Adinira

Kabupaten Wonogiri turut serta dalam mengikuti acara Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) tahun 2022. Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) merupakan program yang dibentuk oleh Kemenpora RI dan diselenggarakan oleh masing-masing instansi di tingkat provinsi, salah satunya Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah. Dalam hal ini, Imapres berperan dalam mengirimkan delegasi dalam seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) tahun 2022 yang bertujuan untuk memilih perwakilan Kabupaten Wonogiri sekaligus menjadi tim pendamping dalam ajang tersebut.

Kegiatan seleksi di tingkat kabupaten berlangsung mulai dari 29 April sampai dengan 6 Mei 2022. Terdapat lima peserta dalam kegiatan seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) di tingkat kabupaten. Dari lima peserta tersebut, nantinya dipilih satu pasangan yaitu putra dan putri yang menjadi delegasi Kabupaten Wonogiri dalam Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP). Dari hasil seleksi tersebut memutuskan Dhidit Bondhan Pamungkas asal Kecamatan Slogohimo dan Mita Wahyuningsih asal Kecamatan Jatipurno sebagai delegasi dari Kabupaten Wonogiri yang maju dalam Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dhidit Bondhan Pamungkas merupakan mahasiswa program studi Statistika Terapan dan Komputasi dari Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sementara Mita Wahyuningsih merupakan mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi dari Universitas Sebelas Maret (UNS).

Seleksi selanjutnya yaitu di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) 2022 dilaksanakan di Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Seleksi di tingkat provinsi Jawa Tengah diselenggarakan pada tanggal 6 Mei 2022. Kegiatan seleksi didampingi oleh Dispora Wonogiri yaitu tim pendamping dari Bidang Kepemudaan dan Olahraga, serta Imapres. Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) diikuti oleh 14 kabupaten/kota dari provinsi Jawa Tengah sejumlah 23 orang dengan rincian 10 laki-laki dan 13 perempuan. Terdapat beberapa tes yang perlu diikuti oleh peserta seleksi. Tes tersebut yaitu berupa pengetahuan wawasan kebangsaan, tes fisik kebugaran (MFT), dan tes unjuk bakat budaya. Dalam hal ini Imapres mendampingi peserta atau delegasi dari Kabupaten Wonogiri hingga akhir kegiatan seleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *