Undangan Acara Penyerahan Penghargaan SDGs Desa 2021 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Hai, Sobat Mapres! How’s life?

Kira-kira, pembahasan kali ini akan merangkum kegiatan Imapres yang mana lagi, ya?

Benar, sesuai dengan judul, kegiatan Imapres yang akan dibahas adalah kegiatan menghadiri undangan acara Penyerahan Penghargaan SDGs Desa 2021 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. 

Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka penyerahan penghargaan kepada Kabupaten Wonogiri sebagai kabupaten yang telah menyelesaikan SDGs Desa tercepat se-Indonesia. Acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd. selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, untuk menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Bupati Wonogiri, Bapak Joko Sutopo. Imapres juga turut diundang dalam acara tersebut, mengingat bahwa Imapres juga turut berperan dalam pendataan SDGs di level desa. 

Sebagai tambahan informasi, desa-desa yang ada di Kabupaten Wonogiri berjumlah 251 desa. Di samping itu, SDGs adalah kependekan dari Sustainable Development Goals, yang mana menurut sdg2030indonesia.org merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Dikutip dari website resmi SDGs Desa Kemendesa, terdapat 18 tujuan dari SDGs Desa, yaitu:

1) Desa Tanpa Kemiskinan;

2) Desa Tanpa Kelaparan;

3) Desa Sehat dan Sejahtera;

4) Pendidikan Desa Berkualitas;

5) Keterlibatan Perempuan Desa;

6) Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi;

7) Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan;

8) Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata;

9) Infrastruktur dan Inovasi Desa Sesuai Kebutuhan;

10) Desa Tanpa Kesenjangan;

11) Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman;

12) Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan;

13) Desa Tanggap Perubahan Iklim;

14) Desa Peduli Lingkungan Laut;

15) Desa Peduli Lingkungan Darat;

16) Desa Damai Berkeadilan;

17) Kemitraan Pembangunan Desa; dan

18) Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *