BRANDING DESA WISATA PARANGGUPITO: AKSI NYATA IMAPRES GIRITONTRO & PARANGGUPITO TURUT MEMAJUKAN PARIWISATA DAERAH

          Terletak di ujung barat daya Kabupaten Wonogiri, Paranggupito bagaikan surga tersembunyi yang menanti untuk dijelajahi. Keistimewaan Paranggupito terletak pada garis pantainya yang menjadikannya satu-satunya kecamatan di Wonogiri yang memiliki akses langsung ke laut lepas. Hal ini dapat menunjang pendapatan ekonomi masyarakat sekitar apabila sektor wisata tersebut terus dikembangkan. Kegiatan branding di Desa Wisata Paranggupito menjadi salah satu program kerja unggulan anggota Ikatan Mahasiswa Berprestasi (Imapres) Wonogiri Kelompok Pengembangan Paranggupito & Giritontro.

          Program kerja “Branding Desa Wisata Paranggupito” dilaksanakan dengan pembuatan buku katalog dan video dokumentasi tempat wisata yang ada di Desa Wisata Paranggupito. Konten ini dapat dilihat pada akun TikTok @desawisataparang. Kedua upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan eksistensi Desa Wisata Paranggupito. Kegiatan lain yang dilakukan ialah pemasangan tanda jalan (patok) pada rute menuju tempat wisata. Hal ini untuk membantu kemudahan pengunjung dalam menemukan rute jalan dan tanda tempat di daerah pantai, seperti mushola, toilet, dan jalur evakuasi. Pantai Klothok yang terletak di Desa Wisata Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, kini telah menjelma menjadi destinasi wisata bahari yang memukau setelah revitalisasi yang dilakukan pada tahun 2023. Adapun kegiatan peresmian Pantai Klothok dihadiri langsung oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Peresmian ini menjadi tanda segala kegiatan baik yang dilaksanakan kelbang Paranggupito & Giritontro pada sektor  wisata yang diharapkan akan berdampak positif pada daerah setempat.

 

 

          Buku katalog Desa Wisata Paranggupito ini akan di berikan kepada pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan juga tersedia dalam bentuk softfile.

 

 

 

                                        

          Tidak hanya melakukan branding untuk Desa Wisata Paranggupito, anggota kelbang Paranggupito & Giritontro juga turut serta berkontribusi dalam melaksanakan kegiatan pelatihan mengaji, bersama menonton kartun islami, dan kegiatan seru lainnya, seperti games yang dilaksanakan di TPA Nurul Huda. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan hiburan edukatif bagi anak-anak sambil mengajarkan nilai-nilai moral dan agama.

          Kelbang Paranggupito & Giritontro berkolaborasi bersama Kelbang Baturetno untuk melaksanakan progam bagi takjil dan dilanjutkan dengan buka bersama. 

Selain itu, Kelbang Paranggupito & Giritontro juga mengadakan rapat inovasi berupa rencana program lanjutan, seperti pelatihan meronce, kerajinan anyaman, dan kuda kepang yang rencananya akan dilaksanakan paling cepat pada bulan Juni mendatang.

          Kedepannya anggota kelbang Paranggupito & Giritontro berencana untuk tetap turut serta berkontribusi dalam pengembangan Desa Wisata Paranggupito.  “Semoga Imapres Giritontro & Paranggupito semakin aktif dan terus semangat dalam berkontribusi terhadap Wonogiri serta dapat menginspirasi dalam perubahan yang positif,’’ harapan ini disampaikan oleh Koordinator Kelbang Paranggupito & Giritontro.

 

Penulis: Afifah Nandirotul Ummah, Iedha Aulia Hidayati, Lisa Dwi Lestari 

Editor: Decita Syahda Maharani

IMAPRES Wonogiri – Berprestasi Berkontribusi untuk Wonogiri 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *