Sebagai Volunteer Pemandu Wisata

Re-Launching Waduk Gajah Mungkur, Imapres Wonogiri Turut Berpartisipasi Sebagai Volunteer Pemandu Wisata

Waduk Gajah Mungkur (WGM) merupakan salah satu pesona wisata di Kabupaten Wonogiri yang memiliki peran sangat penting. Banyak sekali tempat rekreasi dan wisata yang ditawarkan di WGM. Objek wisata Waduk Gajah Mungkur menggelar acara re–launching pada awal tahun 2022 lalu, tepatnya tanggal 1-2 Januari 2022. Kegiatan ini dilaksanakan oleh arahan Dinas Kepemudaan Dan Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Wonogiri Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan bersamaan dengan libur tahun baru. 

Dalam menyambut para wisatawan yang pasti akan melonjak tinggi pada liburan tahun baru, banyaknya pengelola wisata pun juga menjadi kondisi ideal untuk menerima wisatawan baik itu yang bertugas membantu jalannya kegiatan wisata disana seperti proses ticketing dan pengaturan antrian masuk ke area wisata Waduk Gajah Mungkur. Dispora Kabupaten Wonogiri pun membutuhkan sejumlah tambahan personil sebagai pemandu wisata yang nantinya dapat memandu jalannya kegiatan wisata para wisatawan di Waduk Gajah Mungkur.

Sejumlah organisasi pemuda di Kabupaten Wonogiri dikerahkan untuk mengirimkan beberapa perwakilan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan re-launching Waduk Gajah Mungkur. Ikatan Mahasiswa Berprestasi (Imapres) Wonogiri pun turut berpartisipasi dalam acara re- launching tersebut bersama Duta Wisata Wonogiri dan Purna Paskibraka Kabupaten Wonogiri. Dalam partisipasinya, Imapres Wonogiri mengerahkan beberapa personilnya sejumlah 30 orang yang dibagi menjadi dua sesi, yakni 15 orang pertama di tanggal 1 Januari, dan 15 orang lainnya di tanggal 2 Januari. Kegiatan ini bersifat sukarela sehingga siapapun yang termasuk anggota dapat menawarkan dirinya sebagai volunteer  untuk ikut serta dalam proses kegiatan re-launching Waduk Gajah Mungkur ini. Peran sejumlah pemuda yang dikerahkan sebagai volunteer pemandu wisata ini ialah untuk membantu jalannya kegiatan wisata di tempat dan membantu mulai dari membantu proses ticketing masuk ke wisata, membantu wisatawan saat scan Peduli Lindungi, dan juga pengaturan antrian masuk agar antrian tetap tertata rapi mengingat ramainya kondisi wisatawan di saat liburan tahun baru.

Harapannya, dengan adanya kegiatan volunteer seperti ini dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap pariwisata di Kabupaten Wonogiri tentunya dengan mengenal peran kita sebagai pemuda yakni turut serta mempromosikan daerah atau tempat pariwisata di Kabupaten Wonogiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *